Jumat, 05 Oktober 2012

Pemimpin Sejati



Pemimpin adalah seorang yang dipercaya oleh tidak hanya satu orang sebagai orang yang menjaga atau mengurus suatu hal. Di Idonesia, pemimpin ini adalah seorang presiden yang mengurus masalah kenegaraan. Perlu diketahui, bahwa biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan satu kali pemilu adalah 23 milyar. Sangat besar, bukan? Itu adalah biaya untuk memilih seorang pemimpin. Lalu, pemimpin yang seperti apa sih yang kita harapakan? Dan apa saja sih urgensi memilih pemimpin sejati?
Berikut ini adalah beberapa urgensi memilih pemimpin Islam :
·  Dari Ibnu Ta’miah, “Jika kalian bepergian tiga orang, maka pilihlah salah satu orang sebagai pemimpin.”
·  Kita diharuskan memilih pemimpin, karena memilih pemimpin adalah kewajiban, karena dalam sebuah kutipan, “ Lebih baik memiliki pemimpin yang dzalim daripada selama 60 tahun tidak mempunyai pemimpin.”
Tentunya dalam memilih pemimpin, kita harus mempertimbangkan banyak hal. Karena seolah pemimpin ini akan menjadi orang pertama yang menjadi penanggung jawab dalam sebuah masalah. Model atau ciri pemimpin yang ideal, antara lain :
·  Karakter dan moralitas
Dalam surat Al-Ahzab:21, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rosululloh itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” Pemimpin yang baik adalah yang memiliki moral dan karakter yang baik, seperti Rasululloh.
·  Kompetisi
Dalam kisahnya, Rosullulloh mengatakan, bahwa pilihlah satu dari dua Umar sebagai pemimpin. Dua Umar tersebut, yaitu : Umar bin Khattab dan Amr bin Hisyam (Abu Jahal). Akhirnya yang menjadi pemimpin adalah Umar bin Khattab. Meskipun Abu Jahal memiliki kompetisi yang lebih, akan tetapi lebih diutamakan karakternya, sehingga Umar lah yang terpilih.
Sedangkan beberapa sifat lain yang dinilai penting pula, yaitu : disiplin, memperbaiki diri, jujur, tabligh (mudah menyampaikan atau berkomunikasi).
Pemimpin hendaknya melaksanakan kewajibannya dengan baik karena seorang pemimpin mengemban sebuah amanat ddari banyak orang.
Kebumen, 18 Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar